Pengertian Software, Fungsi, Manfaat, Contoh dan Macam Perangkat Lunak


Pengertian Software Definisi Fungsi Manfaat Contoh dan Macam Perangkat Lunak

Pengertian Software, Fungsi, Manfaat, Contoh dan Macam Perangkat Lunak. Materi pembahasan tentang software atau perangkat lunak yang meliputi pengertian secara umum maupun pengertian software menurut para ahli, fungsi, manfaat, contoh serta jenis atau macam-macam software.

Kami yakin sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya software atau perangkat lunak. Pasalnya di era modern ini sudah sanga banyak teknologi yang tersebar di seluruh dunia ini yang mengandalkan software. Sebagai contoh adalah banyaknya program atau aplikasi yang tertananm di komputer atau handphone. Namun kami rasa masih ada juga yang belum paham apa itu arti dari perangkat lunak (software), meskipun tanpa disadari sudah menggunakan fasilitas dari software ini.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan.

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN INTERNET MELIPUTI SEJARAH, FASILITAS, FUNGSI, MANFAAT SERTA PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

Perangkat lunak sistem operasi biasanya tersimpan di partisi C sehingga saat komputer mengalami masalah, partisi C yang terkena imbas. Perangkat lunak lain juga tersimpan di partisi C yang apabila komponen tidak lagi berjalan maksimal dapat diuninstal dan diinstal ulang. Data-data lain lebih baik disimpan di partisi D sehingga saat software terkena virus atau tidak berjalan normal kembali maka dapat diinstal ulang dan data penting dapat diselamatkan.

Nah dengan penjelasan singkat diatas kami rasa sudah sedikit memberi gambaran bagi sobat mengenai perangkat lunak atau software. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu di situs RumusPelajaran.com mulai dari pengertian software, fungsi software, manfaat software, contoh software serta macam-macam software seperti perangkat lunak/software berbayar, freeware, free software, shareware, malware dan open source software. Pada artikel sebelumnya juga telah kami bahas materi pelajaran seni budaya tentang definisi seni dan juga materi pelajaran matematika tentang pengertian trigonometri lengkap dengan fungsi, rumus sert contoh soal.

Pengertian Software

Software yang dalam bahasa indonesia disebut dengan Perangkat lunak atau peranti lunak ini merupakan istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.

Software atau perangkat lunak sendiri dapat diartikan sebagai sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras (hardware) komputer.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa software itu memiliki sifat yang jauh berbeda dengan dengan hardware. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari bentuk fisik dan kegunaanya.

Perangkat keras atau yang disebut dengan hardware adalah perangkat yang nyata atau dapat dilihat dengan mata, sekaligus dapat dipegang secara langsung. Sedangkan software/perangka lunak sendiri tidak dapat dilihat secara fisik bentuknya dan tidak bisa dipegang secara langsung.

Meskipun perangkat lunak tidak terlihat secara nyata dalam bentuk fisiknya, akan tetapi software dapat dijalankan dan dioperasikan dengan baik.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Dan berikut ini adalah pengertian sofware/perangkat lunak menurut para ahli agar sobat lebih memahami apa arti software:

Pengertian Software Menurut Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman (2002), software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

Pengertian Software Menurut Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono, softwarare adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

Pengertian Software Menurut Wiwit Siswoutomo

Menurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer karena tanpa adanya perangkat lunak maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Pengertian Software Menurut Wilman dan Riyan

Menurut Wilman dan Riyan, software adalah sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi user-nya. Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian Software Menurut Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

PELAJARI JUGA: JENIS-JENIS RAM DAN JUGA FUNGSI ROM PADA KOMPUTER

Fungsi Software

Perangkat lunak juga memiliki beberapa fungsi yang harus sobat ketahui. Berikut ini adalah fungsi utama dari software:

  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
  • Perangkat lunak (software) juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
  • Perangkat juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

Manfaat Software

Selain fungsi, software juga mempunyai manfaat yang sangat berharga bagi masyarakat ataupun beberapa perusahaan, salah satunya adalah memanfaatkan pengembangan software sebagai mata pencarian atau sumber pendapatan.

Dari segi kebutuhan, perangkat lunak (software) yang bersifat komersil ini dapat dibedakan menjadi tiga, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Software Sebagai Produk

Pembuatan software atau perangkat lunak yang bertujuan untuk dijual kepada masyarakat atau perusahaan yang membutuhkan fasilitas dari pirani lunak tersebut.

Beberapa contoh hasil dari perangkat lunak sebagai produk adalah sebagai berikut:

  • Sistem Kasir
  • Sistem Pos (Point Of Sale)
  • Sistem Keuangan
  • Aplikasi Perpustakaan
  • Kalkulator

2. Software Sebagai Bisnis

Selanjutnya adalah manfaat software sebagai bisnis, yang dapat dartikan dengan memanfaatkan perangkat lunak untuk memberikan penghasilan secara terus-menerus melalui jalur bisnis.

Dengan mengandalkan sistem membayar license atau sewa untuk jasa atau layanan software hasil buatannya yang telah dimanfaatkan oleh pihak lain.

3. Software Sebagai Proyek

Perangkat lunak (Software) yang digarap oleh seorang individu atau perusahaan untuk dijadikan sebagai proyek guna mendapatkan penghasilan. Proyek ini ada hanya pada saat terdapat permintaan dari pembeli. Dan ketika software berhasil dibuat, software otomatis menjadi miliki si pembeli.

Macam-macam Software

Meskipun fungsi utama perangkat lunak adalah sebagai penghubung antara hardware dengan user, pada penggunaan perangkat lunak ternyata terbagi dalam beberapa macam. Berikut ini adalah bebrapa macam-macam software atau perangkat lunak.

1. Perangkat Lunak Berbayar

Yang dimaksud dengan perangkat lunak berbayar adalah jika kita ingin menikmati fasilitas dari software ini, kita diharuskan untuk mambayar dengan harga tertentu.

Meski sobat telah membeli atau membayar software tersebut, sobat tidak akan mendapatkan lisensi untuk membuat bajakannya serta menyebarluaskan untuk pengguna komputer lain.

Contoh perangkat lunak berbayar sebagai berikut:

  • Microsoft Windows
  • Adobe Photoshop
  • Corel Draw
  • Microsoft Office

2. Freeware

Jika jenis perangkat lunak diatas adalah berbayar atau tidak gratis, maka Freeware adalah software yang dapat dinikmati secara gratis serta tidak membatasi penggunanya untuk menggunakannya kapan saja.

Piranti lunak seperti ini biasanya di dedikasikan bagi komunitas tertentu, namun hak cipta tetap dipertahankan sehingga siapa saja dapat melakukan update software terbaru.

Contoh freeware sebagai berikut:

  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Whatsapp
  • Telegram
  • Skype
  • CC cleaner
  • Adobe flash player
  • UC Browser
  • Youtube downloader

3. Free Software

Berbeda dengan freeware, free software akan menuntut penggunanya untuk membeli perangkatnya terlebih dahulu, namun setelah kita membeli software tersebut, kita bebas untuk menggandakan, memodifikasi, atau bahkan mendestribusikannya.

Contoh free software sebagai berikut:

  • Free BSD
  • Open office
  • MySql
  • GNU BSD
  • Opera

4. Shareware

Shareware juga merupakan perangkat lunak yang juga dapat dinikmati secara gratis, namun sayangnya ada batas waktu untuk si pengguna. Apabila pengguna ingin menikmati fitur yang ada di dalamnya tanpa ada batasan waktu, maka pengguna harus membelinya terlebih dahulu.

Sebenarnya fungsi dari batasan waktu ini adalah supaya user dapat mengetahui beragam kelebihan dan fungsi yang ditawarkannya atau dalam hal ini disebut sebagai masa trial.

Hal inilah yang menjadikan Shareware berbeda dengan freeware. Dimana freeware bisa dimanfaatkan selamanya tanpa ada batas waktu untuk penggunanya.

Contoh shareware sebagai berikut:

  • IDM
  • StyleXP
  • WinRAR
  • Windows Blinds
  • Nero 7

5. Malware

Malware merupakan perangkat lunak (software) yang dapat menggangu perangkat komputer yang lain. Tujuan dibuatnya malware ini adalah untuk menyusup ke komputer tertentu atau bahkan dapat digunakan untuk merusak sistem dalam jaringan komputer.

Malware biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang jahat untuk melakukan kamuflase dalam website bank dan kemudian mengalihkannya ke situs bank phising atau palsu. Sehingga seluruh data nasabah dapat dicuri dengan bantuan software tersebut.

Contoh malware sebagai berikut:

  • Spyware (perangkat lunak pengintai)
  • Adware (perangkat lunak untuk iklan yang tidak transparan atau tidak jujur)
  • Virus komputer
  • Software Bancos (yang dapat mencuri data dari komputer orang lain)

6. Open Source Software

Open Source Software adalah perangkat lunak gratis serta kode dalam pembuatan perangkatnya dapat dipelajari, dimodifikasi, atau bahkan disebarluaskan sesuai dengan ketentuan atau etika yang telah ditetapkan dalam perangkat tersebut. Software jenis ini pada umumnya digunakan oleh beberapa komunitas khusus.

Yang merupkan contoh perangkat lunak jenis Open Source Software adalah Linux

7. Firmware

Firmware merupakan perangkat lunak berupa Memory Read Only atau penyimpanan yang hanya dapat dibaca yang bersifat paten sehinnga tidak bisa melakukan modifikasi atau pengembangan meski terdapat masalah dalam fungsinya.

Pada umumnya, software jenis ini telah tertanam serta menyatu dengan satu perangkat keras (hardware) seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan juga komponen perangkat keras komputer lainnya. Sehingga firmware oleh beberapa pakar dikira bukanlah perangkat lunak seutuhnya.

PELAJARI JUGA: DEFINISI TIK DAN JUGA CARA KERJA BIOS PADA KOMPUTER AAU LAPTOP

Contoh Software

Berikut ini adalah beberapa contoh-contoh dari perangkat lunak atau software.

1. Microsoft Office

Software ini dibuat untuk menunjang pekerjaan di dalam perkantoran ataupun sekolah.

Contoh Microsoft Office sebegai berikut:

  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Microsoft Powerpoint
  • Outlook
  • Publisher

2. Software System

Software atau perangkat ini digunakan sebagai sistem operasi dalam komputer untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak serta memberikan informasi kepada pengguna.

Contoh Software System sebagai berikut:

  • Linux
  • Mac
  • Windows

3. Software Anti Virus

Fungsi dari Software Anti Virus ini adalah untuk melindungi sistem dari berbagai serangan virus.

Contoh Software Anti Virus sebagai berikut:

  • AVG
  • Norton
  • Avast
  • Smadav

4. Software Browser

Kemudian fungsi dari perangkat lunak ini adalah untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan dalam internet.

Contoh Software Browser sebagi berikut:

  • Opera Mini
  • Internet Explorer
  • Mozilla Firefox
  • Chrome
  • UC Browser

5. Paint Software

Sedangkan untuk Paint Software adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pengolah gambar atau desain (membuat gambar atau pola, editting, dll)

Contoh Paint Software sebagi berikut:

  • Corel Draw
  • Adobe Photosoft
  • Paint
  • Paint.Net

PELAJARI JUGA MATERI PKN: PENGERTIAN PPKI DAN JUGA MACAM-MACAM NORMA, DEFINISI, FUNGSI, MANFAAT, TUJUAN DAN CONTOHNYA

Demikianlah informasi terkini materi pelajarn TIK tentang perangkat lunak (software) yang meliputi pengertian, fungsi, manfaat, contoh dan macam perangkat lunak. Semoga bermanfaat bagi sobat setia pengunjung RUMUSPELAJARAN.COM yang sedang mencari pembahasan mengenai perangkat lunak/software/piranti lunak dimana pun berada.