Pengertian Taekwondo, Sejarah, Teknik Dasar, Janji, Filosofi, Istilah, Materi dan Contoh Gerakan


Materi Taekwondo Sejarah Teknik Dasar Janji Filosofi Istilah Materi Contoh Gerakan

Pengertian Taekwondo, Sejarah, Teknik Dasar, Janji, Filosofi, Istilah, Materi dan Contoh Gerakan. Pembahasan materi taekwondo lengkap meliputi janji, teknik, filosofi, nama gerakan dan materi dasar-dasarnya. Olahraga Taekwondo memang saat ini cukup populer di bidang olah raga bela diri yang sudah masuk dalam olah raga internasional dan diperlombakan. Sobat RUMUSPELAJARAN.COM yang suka dengan bela diri yang satu ini perlu memperhatikan mengenai contoh gerakan, janji taekwondo serta istilah-istilah di dalamnya. Taekwondo merupakan olahraga bela diri yang utamanya mengunggulkan teknik kaki untuk menaklukkan lawannya.

Taekwondo mempunyai tradisi penting saat latihan akan dimulai yaitu mengucapkan salam taekwondo “Anyeong Hasimnika”. Ada banyak teknik-teknik dasar yang sering digunakan dalam taekwondo, Jika sudah bergabung dalam olahraga taekwondo maka sobat akan belajar teknik kuda-kuda, tendangan, pukulan, tangkisan, sabetan dan tusukan.

Ada banyak jenis olah raga bela diri yang terkenal lainya selain Taekwondo diantaranya Karate, Judo dan Aikido. Namun di Indonesia Taakwondo lebih populer sebab mempunyai latihan dasar yang cukup mudah dimengerti. Ada beberapa tingkatan dalam istilah bela diri yaitu sabuk mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai ke tingkatan yang paling tinggi di antara tingkatan tersebut adalah Putih X, Kuning Polos, Kuning Strip IX-VII, Hijau, Hijau Strip VII-VI, Biru, Biru Strip V-IV dan Hitam.

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN PANTUN DAN CONTOHNYA

Asal sobat tahu jika olahraga taekwondo ini adalah salah satu olahraga dunia yang katagorinya banyak dipilih sebagai alternatif olahraga bela diri untuk menjaga keselamatan dari para kejahatan. Selanjutnya sobat rumuspelajaran.com mari langsung saja kita basa mengenai pengertian taekwondo, sejarah taekwondo di Indonesia, dan teknik/gerakan dasar taekwondo dibawah ini.

Pengertian Taekwondo

Taekwondo bisa juga dibaca Tae Kwon Do atau Taekwon-Do merupakan salah satu seni bela diri asal Korea yang juga sebagai olahraga nasional Korea. Ini adalah salah satu seni bela diri populer di dunia yang dipertandingkan di Olimpiade.

Mungin anak jaman now tahunya saat ini Korea adalah K-POP namun asal sobat tahu jika Korea sebelumnya yang paling hits adalah olah raga Taekwondo ini. Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”. Bisa dibilang Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, olahraga, olah tubuh, hiburan, bela diri, dan filsafat.

Pengertian Taekwondo Menurut Para Ahli

Ada yang mencari di internet sebenarnya arti Taekwondo menurut para ahli itu apa? untuk arti Takewondo sudah kita bahas diatas meliputi teknik, materi dasar, filoshofi sabuk, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami. Sebenarnya topik materi Taekwondo menurut para ahli belum pernah ditemui namun  hanya saja banyak yang masih penasaran. Mungkin digunakan sebagai materi dalam pelajaran Taekwondo maka banyak yang mencarinya. Teknik Taekwondo ada banyak macamnya sedangkan untuk teknik dasarnya juga ada beragam, selain Taekwondo kami nanti juga akan memberikan materi Pencak Silat yang ada di Indonesia yang memang beraneka ragam.

Sejarah Taekwondo

Selanjutnya akan kami bahas mengenai sejarah singkat bagaimana olahraga Taekwondo terbentuk dan bisa menjadi olahraga dunia.

Taekwondo menurut sejarah telah berkembang sejak tahun 37 M. Pada masa dinasti Kogooryo di Korea. Masyarakat pada waktu itu menyebutnya dengan nama Subak, Taekkyon, Taeyon. Saat itu Korea merdeka pada tahun 1945, rakyatnya berusaha mengembangkan seni bela diri tradisional Korea yaitu Taekwondo, sehingga dapat diterima dan berkembang pesat di seluruh dunia.

WTF merupakan suatu badan Federasi Taekwondo Dunia yang berdiri pada tanggal 28 Mei 1973 sebagai Presidennya adalah Kim Un Yong bermarkas di Kukkiwon (Seoul) Korea Selatan. WTF adalah program resmi pertahanan nasional kalangan polisi dan tentara yang beranggotakan lebih dari 186 negara.

WTF mengadakan kejuaraan dunia pertama kali pada tanggal 25-27 Mei 1973 di Seoul yang diikuti oleh 18 Negara.

Di Indonesia, Taekwondo belum berkembang karena bela diri Karate lebih dulu hadir di Indonesia seperti aliran Karate Shindoka beberapa pelatih diantaranya: Simon Kaihena – William Giritz – Sukanda – Harry Tomotala dan lain-lain.

Mereka tersebut bergabung dengan Mauritsz Dominggus berasal dari Ambon yang merupakan pemegang sabuk hitam Taekwondo yang belajar di Belanda dan membentuk perguruan dengan nama KATAEDO yang merupakan gabungan dari kata Karate dan Taekwondo.

Pada tanggal 15 Juli 1974, atas saran dari Prof. Kim Ki Ha (Ketua Asosiasi Korea di Indonesia) KATAEDO berganti nama menjadi Institut Tae kwon-do Indonesia (INTIDO). Prof. Kim Ki Ha ditunjuk sebagai penasehat INTIDO unttuk memperjuangkan INTIDO untuk dapat diterima sebagai anggota WTF dan persyaratan WTF supaya INTIDO dirubah menjadi Federasi Taekwondo Indonesia (FTI) sebagai ketua umum Marsekal Muda (TNI) Sugiri.

Kemudain pada tanggal 17 Juni 1976 FTI resmi menjadi anggota WTF yang ditandatangani oleh Presiden WTF Kim Un Yong. Seiring dengan berkembangan Taekwondo di Indonesia terdapat 2 organisasi Taekwondo yaitu FTI dan PTI (Persatuan Taekwondo Indonesia) dipimpin oleh Leo Lapulisa.

Pada tanggal 28 Maret 1981 FTI dan PTI menggelar sebauh pertemuan bertajuk MUNAS I, demi kemajuan Taekwondo Indonesia. Dalam MUNAS I tersebut melahirkan kesepakatan bersama untuk menyatukan kedua organisasi tersebut ke dalam sebuah Organisasi Taekwondo yang sekarang kita kenal dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yang diakui oleh WTF dan KONI, sebagai ketua umumnya Bpk. Sarwo Edhie Wibowo dengan pelindung langsung dari ketua KONI Pusat Bpk. Surono.

Daftar Ketua PBTI dari tahun ke tahun:

Ke – I : Letjen TNI AD (Purn.) Sarwo Eddie Wibowo (1984 – 1988)
Ke – II : Letjen TNI AD (Purn.) Soewonoio (1988 – 1993)
Ke – III : Letjen TNI Harsudiyono Hartas (1993 – 1997)
Ke – IV : Letjen TNI Mar Suharto (2001 – 2006)
Ke – V : Letjen TNI Erwin Sudjono (2006 – 2010)
Ke – VI : Letjen TNI Marciano Norman (2010 – 2015) – (2015 – 2019)

Taekwondo di Indonesia sudah diakui keberadaanya dan telah menjadi cabang olahraga resmi pada PON ke XI tahun 1985 di Jakarta. Pertandingan Taekwondo pada Olimpiade tahun 1992 di Barcelona, Spanyol sifatnya ekchibisi dan resminya sendiri pertama kali pada Olimpiade di Atlanta AS tahun 1996.

Teknik Dasar Taekwondo

Bagi yang mulai penasaran dengan salah satu materi Taekwondo, sekarang kita akan masuk pada pembahasan teknik-tekni dasar olahraga taekwondo. Berikut ini macam-macam teknik taekwondo lengkap dengan penjelasanya.

1. Kuda-Kuda

Pertama adalah kuda-kuda yang berguna untuk menjadai keseimbangan tubuh berikut teknik-tekniknya.

  • Ap koobi: adalah kuda-kuda langkah panjang yang mana kita perlu membuka kaki selebar bahu dan menurunkan kaki depan sambil menahan berat badan.
  • Ap seogi: adalah kuda-kuda langkah pendek yang mana kaki diposisikan seperti melangkah dan pastikan jari kaki posisinya menghadap posisi yang sama dengan kedua kaki.
  • Moa seogi: adalah kuda-kuda dengan kaki rapat tubuh tegak menghadap ke depan secara lurus.
  • Dwit koobi: adalah kuda-kuda dengan membuka kedua kaki di mana kaki belakang posisinya harus ke arah samping dengan kaki depan berposisi lurus ke depan.
  • Joochoom seogi: adalah kuda-kuda yang mana kaki harus sejajar mengarah ke samping dengan posisi kedua ujung kaki lurus ke depan.
  • Beom seogi: adalah kuda-kuda dengan posisi kaki depan berada di belakang tapi menghadap lurus ke depan seperti langkah harimau.

2. Tendangan

Teknik dasar tendangan Taekwondo terbagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

  • Dolke chagi: gerakan tendangan ini perlu dilakukan dengan memutar tubuh 360 derajat ke belakang dan inilah yang disebut sebagai tendangan tornado.
  • Narae chagi: tendangan ganda yang bisa dilakukan ke samping dan secara langsung sebelum kaki lainnya menyentuh tanah.
  • Ap chagi: gerakan tendangan ini dilakukan ke arah depan di mana sasarannya adalah bagian kepala atau perut.
  • Dwi hurigi: gerakan tendangan ini dilakukan memutar ke belakang yang mana gerakan kaki harus seperti mengait.
  • Dwi chagi: gerakan tendangan ini dilakukan ke arah belakang sambil lutut diangkat lalu dilanjutkan dengan menyentakkan kaki ke arah belakang.
  • Yeop chagi: gerakan ini dilakukan menyamping ke kanan atau kiri memakai pisau kaki di mana tubuh diposisikan menghadap ke samping.
  • Dollyo chagi: gerakan ini dilakukan ke samping dengan pinggang di putar maksimal.
  • Deol/Neryo chagi: gerakan ini dilakukan dengan cara mencangkul ke depan memakai tumit.

3. Pukulan

Selanjutnya ada teknik pukulan Taekwondo yang benar meliputi beberapa macam diantaranya:

  • Yeop jireugi: teknik ke samping sambil tubuh posisinya menghadap ke depan secara lurus.
  • Eolgol jireugi: teknik pukulan mengarah ke atas di mana kepala adalah sasarannya.
  • Arae jireugi: teknik pukulan mengarah ke bawah di mana area vital lawan menjadi sasaran.
  • Montong jireugi: teknik pukulan mengarah ke tengah di mana perut atau ulu hati menjadi sasaran.
  • Chi jireugi: teknik pukulan dari bawah ke atas di mana dagu menjadi sasaran dan mirip dengan gerakan uppercut.
  • Pyojeok jireugi: teknik pukulan yang sasarannya memakai tangan sendiri dimana intinya, tangan sendiri adalah bentuk imajinasi lawan. Oleh karena itu teknik ini disebut pukulan imajiner.
  • Dollyeo jireugi: teknik pukulan dari depan menyamping dengan menyasar pada kepala lawan.
  • Digeutja jireugi: teknik pukulan menggunakan kedua tangan dan melakukan bentuk huruf C di mana satu tangan melakukan pukulan ke atas dan lainnya melakukan pukulan ke perut.

4. Tangkisan / Makki

Dalam seni bela diri ada namanya teknik tangkisan, dalam Taekwondo tangkisan disebut makki, yang penjelasannya sebagai berikut.

  • Arae makki: tangkisan ini mengarah ke bawah memakai kepala.
  • Momtong an makki: tangkisan ini mengarah dari tengah ke dalam memakai bagian luar lengan bawah.
  • Eolgol makki: tangkisan ini mengarah ke atas dan sasaran utamanya kepala.
  • Hecho makki: tangkisan ini adalah tangkisan ganda yang mengarah ke luar.
  • Batang son momtong an makki: tangkisan ini adalah dari luar ke tengah di mana telapak tangan sebagai bantalan.
  • Sonnal momtong makki: tangkisan ini adalah dengan pisau tangan ke arah tengah.
  • Batang son arae makki: tangkisan ini mengarah ke bawah memakai telapak tangan.
  • Momtong bakkat makki: tangkisan ini adalah tangkisan tengah yang mengarah ke luar dari dalam dengan memakai bagian dalam lengan bawah.

5. Sabetan dan Tusukan

Teknik sabetan dan juga tusukan ini berguna sebagai proses penyerangan terhadap lawan para area vital berikut ini istilah dan penjelasanya.

  • Mureup dolyo chigi: sabetan memakai lutut yang mengarah ke samping.
  • Ageum son keut chireugi: cekikan/tusukan ke arah leher.
  • Ape son keut chireugi: tusukan pada leher menggunakan 4 ujung jari.
  • An son keut chireugi: tusukan satu jari yang mengarah ke mata.
  • Gawison keut chireugi: tusukan dua jari yang mengarah ke mata.
  • Palkup dolyo chigi: sabetan memutar menggunakan siku tangan.
  • Jebi poom mok chigi: sabetan yang dari luar ke dalam dengan tangkisan pisau tangan ke arah atas di saat yang sama.
  • Han sonnal mok chigi: sabetan tunggal menggunakan pisau tangan.
  • Pyeon son keut chireugi: tusukan mengarah ke ulu hati dengan 4 ujung jari di mana posisi tangan vertikal.

Pada materi sebelumnya redaksi rumuspelajaran.com telah membahas materi pelajaran bahasa inggris mengenai pengertian present perfect tense, rumus, fungsi dan materi pelajaran fisika tentang perbedaan statistik, statistika serta pengertian, definisi, keguaan/fungsi dan tujuannya

Janji Taekwondo Indonesia

Ketika sobat sudah ikut dalam persatuan seni bela diri Taekwondo, sobat wajib mengucapkan janji Taekwondo Indonesia sebelum memulai latian dan pada saat upacara Taekwondo (Perlombaan, Ujian Kenaikan Tingkat).

  1. Menjunjung tinggi nama bangsa dan negara republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mentaati azas-azas Taekwondo Indonesia.
  3. Menghormati pengurus, pelatih, senior dan sesama Taekwondoin dalam mengembangkan Taekwondo Indonesia.
  4. Selalu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam menjaga nama baik Taekwondo Indonesia.
  5. Menjadi pembela keadilan dan kebenaran.

Filosofi Sabuk pada Taekwondo

Ada beberapa bentuk Filosofi sabut Taekwondo yang mempunyai arti perkembangan dan tingkatan pada atlet itu sendiri, diantaranya sebagai berikut:

  • Putih: melambangkan kesucian, awal/dasar dari semua warna, permulaan. Di sini para taekwondoin mempelajari jurus dasar (Gibon) 1
  • Kuning melambangkan bumi, disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat.Mempelajari Gibon 2 dan 3. Sebelum naik sabuk hijau biasanya naik ke sabuk kuning strip hijau terlebih dahulu.
  • Hijau: melambangkan hijaunya pepohonan, pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan.(mempelajari Taegeuk 2). Sebelum naik ke sabuk biru biasanya naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dahulu.
  • Biru: melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari.(mempelajari Taegeuk 4). Sebelum naik sabuk merah biasanya naik ke sabuk biru strip merah terlebih dahulu.
  • Merah: melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.(mempelajari Taegeuk 6). Sebelum naik sabuk hitam, biasanya naik ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu dahulu. Maksud dari matahari adalah tingkaran di mana seorang sabuk merah memberi kehangatan atau dalam arti denotasi mulai memberi ilmu atau bimbingan.
  • Hitam: melambangkan akhir, kedalaman, kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan. Hitam memiliki tahapan dari Dan 1 hingga Dan 9. Juga melambangkan alam semesta.

Materi Dasar Taekwondo

Pada materi pembahasan Taekwondo ini sobat akan mengetahui rangkaian macam gerakan yang didasari dengan filosofi dan menggambarkan semangat bangsa Korea, Maka materi dasar dalam latihan Taekwondo ada beberapa macam diantaranya.

  1. Poomse / merupakan rangkaian jurus yang terdiri dari serangkaian teknik gerakan atau gerakan dasar yang berupa serangan dan pertahanan diri.
  2. Kyukpa / merupakan rangkaian jurus dengan teknik dengan menggunakan sasaran atau ketepatan tekniknya sehingga teknik tersebut dilakukan dengan memanfaatkan tendangan.
  3. Kyorugi / merupakan salah satu bentuk latihan dengan menggunakan beberapa teknik gerakan dasar atau poomse sehingga mempraktekkan teknik serangan tersebut sebagai teknik pertahanan diri.

Istilah-istilah Taekwondo

Ada banyak istilah-istilah atau sebutan bahasa korea dalam olahraga Taekwondo yang perlu sobat ketahui, diantaranya adalah:

  • Sabeum = Instruktur
  • Sabeum Nim = Instruktur Kepala
  • Seonbae = Senior
  • Hubae = Junior
  • Tae Kwon Do Junshin = Prinsip Ajaran Tae Kwon Do
  • Muknyeom = Meditasi
  • Kihap = Berteriak dari dalam perut
  • Dobok = Seragam Tae Kwon Do
  • Ti = Sabuk Latihan
  • Wen = Kiri
  • Oreon = Kanan
  • Sijak = Mulai
  • Kalryeo = Stop (Sementara)
  • Keysok = Lanjutkan
  • Keuman = Selesai
  • A Nee = Tidak
  • Yee = Ya
  • Eolgol = Sasaran atas (Kepala)
  • Moumtong = Sasaran tengah (Badan/Ulu Hati)
  • Arae = Sasaran bawah (Pinggang kebawah)
  • Kyungrye = Hormat
  • Chariot = Mempersiapkan Diri
  • Joon Bi = Istirahat
  • Agam So = Istirahat dengan Tangan Dibelakang
  • Nici = Sekian
  • Belci Ki Manisi = Tempat Istirahat
  • Menicip = Pengawas Taekwondo
  • Dobeon = Dua Kali
  • Sambeon = Tiga Kali
  • Illjang = Satu
  • Yeejang = Dua
  • Samjang = Tiga
  • Sahjang = Empat
  • Ohjang = Lima
  • Yukjang = Enam
  • Chiljang = Tujuh
  • Paljang = Delapan

Contoh Gerakan Taekwondo

Ada banyak gerakan dalam olahraga Taekwondo dan kali ini sobat akan melihat beberapa contoh gambar teknik dasar Taekwondo dibawah ini.

1. Kuda-kuda

Contoh Gambar Teknik Kuda Kuda
Pertama adalah sikap kuda-kuda, di dalam olahraga diri taekwondo terbagi mencai 3 macam yaitu:

  1. Neolpyo Seogi merupakan sikap kuda-kuda yang terbuka
  2. Moa Seogi merupakan atau sikap kuda-kuda yang tertutup
  3. Teuksu Poom Seogi merupakan sikap kuda-kuda yang khusus

2. Teknik Pukulan

Teknik Pukulan

Selanjutnya ada teknik sikap pukulan yang merupakan salah satu gerakan yang utama dalam bidang olah raga taekwondo. Dikarenakan teknik pukulan adalah suatu hal yang penting dalam gerakan Taekwondo maka sobat perlu mencermati gambar berikut ini.

  1. Yeop Jireugi : merupakan teknik Pukulan Samping
  2. Chi Jireugi: merupakan teknik Pukulan Dari Bawah Keatas
  3. Dolryeo Jireugi: merupakan teknik Pukulan Mengait
  4. Pyojeok Jireugi: merupakan teknik Pukulan dengan Sasaran
  5. Momtong Jireugi: merupakan teknik Pukulan Mengarah ke Tengah
  6. Are Jireugi: merupakan teknik Pukulan ke Bawah

3. Sabetan

Teknik Sabetan

Teknik sabetan dalam Taekwondo ini sangat di perlukan dalam cabang olah raga Taekwondo, inilah gambar dan beberapa istilah di dalamnya.

  1. Han Sonnal Mok Chigi – merupakan teknik sabetan dengan pisau tangan
  2. Jebipoom Mok Chigi – merupakan teknik sabetan dari Luar ke dalam
  3. Me Jumeok Naeryo Chigi – merupakan teknik sabetan dari Atas ke bawah
  4. Dung Jumeok Eolgul Ap Chigi – merupakan teknik sabetan depan atau bagian atas kepalan

4, Tusukan

Teknik Tusukan

Gambar teknik tusukan dalam olahraga Taekwondo dan istilahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pyeonsonkeut Sewo Chireugi
  2. Pyeonsonkeut Upeo Chireugi
  3. Kawison Keut Chireugi
  4. Hanson Keut Chireugi

5. Tendangan

Teknik Tendangan

Gambar teknik tendangan dalam Taekwondo dan istilahnya adalah sebagai berikut.

  1. Ap Chagi: merupakan teknik tendangan depan
  2. Dollyo Chagi: merupakan teknik tendangan dari arah samping
  3. Yeop Chagi: merupakan teknik tendangan samping menggunakan pisau
  4. Dwi Chagi : merupakan teknik tendangan belakang
  5. Twieo Ap Chagi : merupakan teknik tendangan depan sambil melompat

6. Tangkisan

Teknik Tangkisan

Gambar teknik tangkisan dalam Taekwondo dan istilahnya adalah sebagai berikut.

  1. Are Maki : merupakan teknik tangkisan ke arah bawah untuk menangkis tendangan
  2. Eolgol Maki : merupakan teknik tangkisan ke arah kepala
  3. An Makki: merupakan teknik tangkisan ke tengah dari luar ke dalam
  4. Bakkat Makki : merupakan teknik tangkisan ke tengah dari dalam hingga ke luar

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN SOSIOLOGI DAN JUGA FAKTOR INTEGRASI SOSIAL

Demikianlah materi pembahasan pengertian Taekwondo, sejarah, filosofi sabut, teknik dasar dalam olahraga Taekwondo, semoga bermanfaat.